Sejarah Yamaha

Diposkan oleh faid on Jumat, 16 Maret 2012

siapa coba yang ga tau yamaha ? ini dia sejarahnya :

[imagetag]

Yamaha Corporation Adalah salah satu perusahaan raksasa dunia masa kini. Yamaha Corporation adalah perusahaan multinasional dan konglomerasi yang berbasis di Jepang. Perusahaan ini menghimpun operasi di berbagai bidang produksi dan jasa yang saat ini banyak dibutuhkan masyarakat dunia.

Sejarah dunia telah berubah dari zaman ke zaman, dan di zaman ini, dimana era globalisasi, kehidupan tidak hanya didominasi oleh pemerintahan dan kebudayaan, namun juga oleh peran korporasi yang merupakan pendukung kemajuan era modern.

Sejarah Berdiri

Yamaha Corporation, awalnya didirikan sekitar 124 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1887 sebagai sebuah pabrik manufaktur piano dan organ. Pendirinya, Yamaha Torakusu dilahirkan sebagai anak laki-laki ketiga dari Yamaha Konosuke pada 20 April 1851. Ayahnya adalah seorang petugas astronomi pada pemerintahan Tokogawa Hanshi di wilayah Kishu (Sekarang provinsi Wakayama, Jepang). Torakusu tumbuh besar sambil melihat pekerjaan ayahnya dan suka mengotak-atik perkakas, mesin dan peralatan lainnya, membuatnya tertarik pada perkakas, mesin dan sejenisnya. Selain itu tangan terampilnya mengantarkannya belajar tentang pembuatan jam ke Nagasaki. Pada waktu berada di Nagasaki, dia menguasai juga peralatan medik dan sejak tahun 1884 dia mulai mengunjungi rumah sakit di Hamamatsu untuk memperbaiki peralatan medik.

[imagetag]
Yamaha Torakusu

Yamaha Torakusu - Pendiri Yamaha Corporation
Dimulai dari keberhasilannya mereparasi organ rusak milik SD Jinjo Hamamatsu (Sekarang SD Motoshiro) pada tahun 1887, beliau bertekad untuk membuat organ dan pada tahun 1888 ia mendirikan pabrik Yamaha Fukin & Co. Ltd di Hamamatsu. Pada tanggal 12 Oktober 1897, kemudian ia mendirikan Nippon Gakkiseizo Corporation dan beliau diangkat sebagai Presiden Direktur pertama. Pada 1889, perusahaan itu mempekerjakan 100 orang dan menghasilkan 250 organ setiap tahun.

Tahun 1899, Kementrian pendidikan Jepang mengirim Torakusu ke Amerika Serikat untuk belajar piano membuat dan menetapkan pemasok bahan-bahan yang diperlukan untuk memproduksi piano di Jepang. Nippon Gakkiseizo mulai membuat piano tegak pada 1900 dan menghasilkan piano pertama pada tahun 1902, menerapkan keahlian dalam pertukangan untuk pembuatan mebel baik. Di St Louis World's Fair di tahun 1904, sebuah piano dan organ buatan yamaha menerima Penghargaan. Pada tahun 1914, ketika Perang Dunia I dibatasi penjualan harmonica Jerman di Jepang, Yamaha memperkenalkan harmonika pertama dan mulai mengekspor harmonicas i seluruh dunia. Yamaha terus memperluas ke bidang musik.

Elektronik

Pada 1970-an, ditemukan sirkuit terpadu (IC) yang kemudian menggantikan fungsi transistor, namun belum terdapat produsen yang bisa membuatnya, Nippon Gakkiseizo kemudian membangun pabrik sendiri untuk membuat permintan IC pada tahun 1971. Hal ini memungkinkan Nippon Gakkiseizo untuk memenuhi meningkatnya permintaan yang cepat terhadap keyboard elektronik dan komponen audio. Pada tahun 1976, perusahaan kemudian membuka pabrik untuk memproduksi sirkuit terpadu (LSIs) dalam skala besar dan memulai melakukan konversi seluruh produknya kebentuk elektronik, seperti keyboard, dari format analog ke format digital. Nippon Gakki LSIs digunakan untuk menghasilkan suara profesional pertama sistem dan untuk memproduksi produk-produk baru bagi konsumen industri audio selama awal 1980-an. The DX-7 digital synthesizer, diperkenalkan pada tahun 1983, menjadi synthesizer terlaris di dunia. Pada tahun yang sama, perusahaan mulai menjual LSIs ke produsen lain.

Riset intensif perusahaan dalam bidang logam paduan untuk digunakan dalam piano akustik Yamaha telah memberikan pengetahuan luas dalam pembuatan logam ringan. Pengetahuan ini dengan mudah diterapkan pada pembuatan frame logam dan motor suku cadang untuk sepeda motor. Kawakami dan insinyur banyak mengunjungi pabrik-pabrik Jerman untuk belajar bagaimana membuat sepeda motor. Semboyan mereka adalah, "Jika Anda akan membuat itu, buatlah untuk menjadi yang terbaik yang pernah ada." Prototipe pertama sepeda motor Yamaha yang dinamai YA-1, untuk menghormati pendiri Yamaha, selesai pada bulan Agustus 1954. Sepeda ini didukung oleh sistem pendinginan udara (air cooling), 2-stroke, 125 cc single silinder mesin. Prototipe diuji untuk melalui 10.000 km. Uji protype yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap tes ketahanan untuk memastikan bahwa kualitasnya adalah kelas atas.

Pada tahun pertama produksi (1954), dibuat 125 sepeda motor Yamaha YA-1 (juga disebut Akatombo, para "Red Dragonfly"). The YA-1 adalah pola setelah DKW RT125 buatan Jerman (yang juga telah disalin oleh perusahaan amunisi Inggris, Birmingham Small Arms Company, sebagai BSA Bantam, dan oleh Harley-Davidson sebagai Hummer).

Keberhasilan YA-1 mengakibatkan pendirian Yamaha Motor Co, Ltd pada tanggal 1 Juli 1955. Produsen sepeda motor baru memproduksi sekitar 200 unit per bulan. Pada tahun yang sama, YA-1 memenangkan lomba racing kelas 125cc di dua acara balapan terbesar di Jepang, Juara ke-3 Racing Pendakian gunung Fuji dan Juara ke-1 Asama Highlands Race.

Logo Yamaha Motor Corporation[imagetag]

Logo Yamaha Music Corporation[imagetag]

Pada 1956, sepeda motor 175cc silinder tunggal model dua-stroke YC1, siap untuk produksi. Pada tahun 1957, Yamaha memulai produksi pertama sepeda motor 250 cc, dua-stroke kembar, yang diberinama YD1. Pada tahun 1958, Yamaha menjadi manufaktur sepeda motor Jepang pertama untuk memasuki arena perlombaan internasional, dan memenangkan 6 tempat yang mengesankan di Grand Prix Catalina Race di Amerika Serikat. Yamaha bertindak cepat bak selebriti dan mulai memasarkan sepeda motor melalui distributor independen, Cooper Motors, di California pada 1958.

Pada tahun 1963, Yamaha mengembangkan Sistem Autolube, sebuah sistem injeksi minyak terpisah untuk mesin sepeda motor dua-stroke, untuk menghilangkan ketidaknyamanan pra-pencampuran bahan bakar dan minyak. Pada tahun 1966, Toyota dan Yamaha bekerja sama untuk memproduksi edisi terbatas Toyota 2000 GT mobil sport, masih dikagumi karena kinerja dan keahliannya. Pada tahun 1968, Yamaha meluncurkan Yamaha DT-1, pertama di dunia off-road sepeda motor, menciptakan sebuah genre baru yang saat ini dikenal sebagai sepeda balap. Yamaha XS 650, diperkenalkan pada tahun 1970, merupakan kesuksesan yang luar biasa mengakhiri monopoli Inggris terhadap sepeda motor.

Saat ini, Yamaha Motor Company adalah perusahaan terbesar kedua di dunia produsen sepeda motor (setelah Honda). Juga memproduksi kendaraan untuk semua medan (ATV), perahu, snowmobiles, motor tempel, dan perahu pribadi. Pada tahun 2000, Toyota dan Yamaha membentuk aliansi Toyota Yamaha Corporation dengan modal 10.5 billion yen

Yamaha Corporation

Pada Oktober 1987, pada peringatan 100 tahun, Yamaha mengubah nama resminya menjadi "The Yamaha Corporation". Setelah periode kesulitan keuangan selama tahun 1980-an, presiden kedelapan, Seisuke Ueshima, memulai reorganisasi perusahaan pada tahun 1992. Untuk pasar yang sudah hampir jenuh, Yamaha difokuskan pada produk high-end, seperti seri Disklavier piano, dengan built-in komputer untuk merekam dan memutar ulang pertunjukan. Ueshima mendorong perusahaan untuk mengembangkan produk-produk baru. Pada tahun 1993, Yamaha berhasil meluncurkan seri Silent Piano, piano yang baik dapat dimainkan seperti piano akustik biasa, atau dengan suara mereka terdengar dan hanya terdengar ke pianis melalui headphone. Hal ini diikuti oleh Silent Trumpet pada tahun 1995, SilentDrum pada tahun 1996, Silent Biola pada tahun 1997, dan Silent Cello pada tahun 1998. The VP1 virtual VL1 akustik dan synthesizer, kemudian diproduksi untu mampu digunakan menyimpan suara yang dapat diputar ulang, menggunakan model komputer dari instrumen untuk menghasilkan suara yang lebih luas dan lebih autentik.

Pada tahun 2002, Yamaha menutup usaha produksi panahan, yang telah dimulai pada tahun 1959. Enam pemanah di lima Olimpiade berbeda memenangkan medali emas menggunakan produk panahan Yamaha.

Pada bulan Juli 2007, Yamaha dibeli pemegang saham minoritas dari keluarga Kemble Yamaha-Kemble Musik (UK) Ltd, Inggris. Perusahaan Yamaha impora alat musik dan penjualan peralatan audio profesional lengan, kemudian berganti nama menjadi perusahaan Yamaha Music UK Ltd. Kemble & Co Ltd.

Pada tanggal 20 Desember 2007, Yamaha membuat kesepakatan dengan Bank Austria BAWAG PSK Grup BAWAG untuk membeli semua saham Bösendorfer, di awal 2008. Yamaha bermaksud untuk melanjutkan manufaktur alat musik di fasilitas Bösendorfer di Austria. Akuisisi Yamaha dengan Bösendorfer diumumkan setelah NAMM Show di Los Angeles, pada Januari, 2008. Pada tanggal 1 Februari 2008, Bösendorfer Klavierfabrik GmbH mulai beroperasi sebagai anak perusahaan dari Yamaha Corporation. Yamaha telah menjadi produsen terbesar di dunia alat musik (termasuk silent piano, drum, gitar, biola, violas dan celli), serta produsen terkemuka semikonduktor, audio / visual, produk-produk terkait komputer, barang olahraga, rumah tangga dan perabotan, khusus logam, peralatan mesin, dan robot industri. Yamaha memiliki banyak anak perusahaan dan afiliasinya di pasar luar negeri di samping sejumlah perusahaan terkait di Jepang.

Yamaha juga memiliki dan mengoperasikan beberapa fasilitas resor yang unik di Jepang yang menyediakan pelanggan dengan kesempatan untuk menikmati waktu luang dan kegiatan budaya yang melibatkan produk-produk Yamaha, termasuk golf, motor sport dan musik.

raocool 16 Mar, 2012

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar